Rabu, 20 Juli 2016

Sejarah Quilling paper

Paper quilling yaitu seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan.
      Alhamdulillah Di Indonesia sendiri Paper Quilling sudah cukup populer dan mulai menyebar. Dari tahun ke tahun sudah mulai meyebar dan mulai banyak yang menekuni seni ini 
( termasuk saya ) hehe. hanya saja belum sepopuler artis quilling paper seperti Senaruna, Yulia boardkaya, Nataliya beltrami, dll
Sebutan pengrajin quilling paper yaitu (quiller)

Oia Sejarah Quilling paper nya....
Cekidot
       
Seni menggulung kertas telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dahulu namanya adalah paper filigree atau roll work. Di negara Perancis dan Italia pada masa itu, seni paper quilling ini digunalan oleh para biarawan untuk menghiasi ornamen yang bersifat keagamaan.
Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan.
Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika.  Penggunaannya    tidak    lagi     terbatas    pada
ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.
        Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling.  Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.



Setelah tau sejarah quilling paper .. yuk kita cari tahu tentang alat- alat apa sih yang diperlukan untuk membuat quilling paper ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar